Pada kali ini saya akan mencoba mengulas hasil dari tugas yang sudah saya kerjakan yaitu mengenai bagaimana respon dari website E-Gov khususnya di bidang pelayanan masyarakat yang berada di Kabupaten Bogor, Dalam kurun waktu max 7 hari dari hari setelah saya mengiirm aspirasi tersebut.
Saya mengirim aspirasi saya pada tanggal 18-10-2015 dan menunggu respon dari LARAS sampai tanggal 25-10-2015.
Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan bagaimana tahapan dari awal hingga akhir pekerjaan saya ini.
http://pengaduan.bogorkab.go.id
Selanjutnya kita harus memiliki akun terlebih dahulu sebelum dapat mengirim aspirasi
pilih menu daftar pengaduan (Register) yang terdapat di bawah textbox username.
Lalu isikan data diri pada form register seperti pada gambar diatas, lalu klik tombol submit
Maka akan muncul notification dengan warna merah bahwa register telah berhasil dan kita diminta untuk mengecek email untuk verifikasi
Buka email yang sudah didaftarkan pada LARAS lalu cek pada SPAM maka akan terdapat pesan dari LARAS yang meminta verifikasi. klik pada tulisan berwarna biru "Aktifkan AKun Disini"
Verifikasi akun selesai dan kita sudah bisa untuk mengirimkan aspirasi kita di LARAS.
Untuk Memulai mengirim Aspirasi kita login terlebih dahulu LARAS dan tinggal memilih menu Kirim Pengaduan maka akan muncul form pengaduan dan kita tinggal mengisinya saja sesuai dengan aspirasi apa yang ingin kita kirim.
Setelah itu klik tombol submit dan aspirasi kita pun sudah berhasil terkirim ditandai dengan munculnya notification tulisan berwarna merah di atas.
Untuk melihat aspirasi apa saja yang sudah kita kirim kita dapat memilih menu Pengaduan Terkirim
Seperti gambar diatas akan muncul aspirasi apa saja yang sudah kita kirim, dan untuk melihat status dari aspirasi kita, kita hanya tinggal mengklik pada aspirasi yang ingin kita ketahui statusnya.
Pada aspirasi yang sudah saya kirim pada tanggal 18-10-2015 status aspirasi saya masih belum diproses melainkan sedang dalam tahap menunggu untuk diproses sesuai dengan keterangan yang terdapat pada tulisan putih dalam tabel orange di bagian bawah pada gambar diatas.
Setelah selang dua hari tepatnya pada tanggal 20-10-2015 barulah aspirasi saya diproses setelah lewat dari tahap menunggu, ditandai dengan statusnya pada tulisan berwarna putih dalam tabel orange yang terdapat diatas.
Selanjutnya sesuai dengan tugas yang sudah diberikan saya menunggu dalam jangka waktu 7 hari untuk melihat apakah ada respon dari LARAS atau tidak, dan hasilnya setelah 7 hari bahkan sampai sekarang aspirasi saya masih belum mendapat respon.
Setelah melakukan kegiatan tersebut dapat saya simpulkan bahwa E-GOV di Indonesia khususnya di bidang pelayanan masyarakat masih sangat jauh dari kata baik dalam pelayanannya, apalagi mengingat bahwa Kota & Kabupaten Bogor termasuk kedalam E-GOV posisi 5 besar se-Indonesia.
Kedepannya saya harap pemerintah dapat memaksimalkannya lagi E-GOV ini dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.
Kepada seluruh pihak yang terkait pada artikel ini saya mohon maaf apabila terdapat kata yang kurang berkenan di hati, saya tidak punya niat buruk, sebaliknya saya berharap setelah pihak terkait membaca artikel ini dapat memotivasi pemerintah untuk membuat E-GOV di Indonesia menjadi lebih baik lagi.
Tautan : www.ipb.ac.id
assallamualaikum, alhamdulillah postingannya complete,
BalasHapusterimakasih untuk ilmunya, semoga kabupaten Bogor bisa lebih maju lagi...
Wa'alaikumsalam
Hapusya alhamdulillah juga kalau postingan saya ini dapat membantu,
ya saya pribadi juga berharap agar bogor dapat lebih maju lagi.
menurut anda bagaimana seharusnya wujud e-government yang baik untuk peningkatan kemajuan di Indonesia khususnya kabupaten Bogor ini?
Hapusapakah dampak penerapan e-government sendiri sudah anda rasakan sampai saat ini? terimakasih.
sangat bermanfaat postingannya gan
BalasHapusAlhamdulillah kalau postingan saya ini bermanfaat bagi saudari.
HapusAlhamdulillah kalau postingan saya ini bermanfaat bagi saudari.
Hapusmungkin anda dapat menambahakan kekurangan dari layanan ini, untuk lebih memperjelas dari penjelasan anda. terima kasih
BalasHapusterima kasih atas sarannya saudara,
Hapusya menurut saya pribadi kekurangannya itu berasal dari SDM nya sendiri karena dari yang saya alami itu bukan masalah fitur atau fungsi dari webnya yang bermasalah, melainkan respon yang lama bahkan tak kunjung saya dapat dari PNS yang seharusnya bertugas untuk memberikan respon di web LARAS tersebut.
Terima kasih atas artikel yang sangat membantu ini, saya juga sedang melakukan proses pengaduan untuk kota bogor
BalasHapusInformasi yang bagus.hanya saja perlu ada tambahan keterangan tanda pada gambar untuk proses langkah penggunaan LARAS kabupaten bogor sehingga tidak membuat bingung para pembaca..Terima Kasih
BalasHapusSaya mau bertanya, apakah bisa melakukan pengaduan di LARAS Pemkab Bogor meskipun orang yang melakukan pengaduan bukan berada di daerah kabupaten?Terima kasih
BalasHapus