E-Business






Pengertian E-Business

     E-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou GerstnerCEO dari IBM.
     Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.


Contoh Aplikasinya

   Dibawah ini terdapat contoh dari aplikasi SI (Sistem Informasi) di area e-business, diantaranya :

- ERP (Enterprise Resource Planning) sistem informasi pendukung e-business, yg menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis.

- CRM (Customer Relationship management) ¤ sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan kustomer.

- EAI (Enterprise Application Integration) ¤ merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message.

- SCM (Supply Chain Management) ¤ manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi.


Ulasan

   Sering kali banyak orang keliru menganggap bahwa antara e-business dengan e-commerce itu memiliki makna yang sama namun ternyata memiliki makna yang berbeda, e-commerce bermakna transaksi bisnis yang melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian.
   Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena menurut pengertian e-business diatas bahwa e-business bermakna semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce)
   Setelah membaca artikel diatas dapat saya simpulkan bahwa e-business memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Dan dilihat dari segi manfaatnya bahwa kegiatan e-business dapat di manfaatkan bagi seluruh kalangan masyarakat untuk melakukan usaha mulai dari masyarakat bawah hingga atas yang membedakannya hanya bagaimana kita mengelola dan mendapat sumber daya informasi. Dan hal terpenting dalam melakukan kegiatan ini bagaimana tekad, usaha dan kemauan kita dalam berusaha dalam mencapai hal tersebut. Jadi dijaman sekarang ini tidak ada alasan bagi seseorang untuk menjadikan “terbatasnya lapangan pekerjaan” sebagai alasan untuk menjadi seorang pengangguran.

Sumber
http://www.blog.jtc-indonesia.com/2010/05/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e.html
http://dinarosi.blogspot.co.id/2014/12/perencanaan-dan-pengembangan-e-business.html


Tautan : http://ipb.ac.id
 

4 komentar:

  1. artikel ini bagus dan mudah dipahami,akan tetapi perlu adanya informasi - informasi mengenai e-commerce dari ulasan yang tertulis untuk membuktikan adanya ulasan tersebut benar - benar terbukti adanya sebuah ulasan yang mnyebutkan adanya kekeliruan mengenai e-business dengan e-commerce..hmm!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas sarannya
      insya Allah kedepannya akan diusahakan lagi

      Hapus
  2. Mungkin bisa diberikan contoh aplikasi web dari E-Business??

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentarnya
      untuk yang berbasis web banyak yang sudah kita ketahui seperti jual beli online salah satunya www.olx.com

      Hapus